Fungsi Enkripsi PHP

9 Jun

crypt(string $str [, string $salt])
PHP 4, PHP 5
Jenis enkripsi ini akan mengembalikan string hash dengan menggunakan algoritma DES Unix berbasis standar atau algoritma alternatif yang tersedia pada sistem.

Ada 2 parameter yang diperlukan: string dan salt (opsional). String adalah elemen yang akan dienkripsi, sedangkan salt adalah acuan dasar hash atau dapat disebut sebagai algoritma yang kita tentukan sendiri. Dalam penerapannya, terdapat beberapa algoritma standar yang mungkin sudah tersedia pada sistem, yakni: Standar DES, Extended DES, MD5, Blowfish, SHA-256, SHA-512.

md5(string $str [, bool $raw_output = false])
PHP 4, PHP 5
Jenis enkripsi ini akan mengembalikan string hash dengan menggunakan algoritma “RSA Data Security, Inc. MD5 Message-Digest Algorithm”. Memo mengenai algortima tersebut dapat dilihat di http://www.faqs.org/rfcs/rfc1321.html.

Ada 2 parameter yang diperlukan: string dan bool (konfigurasi bakunya adalah “false”). String adalah elemen yang akan dienkripsi, sedangkan bool adalah konfigurasi “true” atau “false”. Pada settingan standar (bool=”false”), enkripsi ini akan mengembalikan string hash sepanjang 32 karakter, sedengankan pada bila bool dalam posisi “true” maka akan mengembalikan 16 karakter.

sha1(string $filename [, bool $raw_output = false])
PHP 4.3.0, PHP 5
Jenis enkripsi ini akan mengembalikan string hash dengan algoritma “US Secure Hash Algorithm 1”. Memo mengenai algoritma tersebut dapat dilihat di http://www.faqs.org/rfcs/rfc3174.html.

Ada 2 parameter yang diperlukan: string dan bool (konfigurasi bakunya adalah “false”). String adalah elemen yang akan dienkripsi, sedangkan bool adalah konfigurasi “true” atau “false”. Pada settingan standar (bool=”false”), enkripsi ini akan mengembalikan string hash sepanjang 40 karakter, sedengankan pada bila bool dalam posisi “true” maka akan mengembalikan 20 karakter.

crc32(string $str)
>PHP 4.0.1, PHP 5
Fungsi ini pada dasarnya bukan suatu enkripsi melainkan fungsi yang digunakan untuk menghasilkan 32-bit cyclic redundancy checksum polynomial. Fungsi ini diterapkan untuk validasi integritas data, untuk memastikan tidak ada perubahan selama proses transfer. Fungsi ini akan menghasilkan 10 karakter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: